Bagi sebuah perusahaan, logo merupakan sesuatu yang sangat penting. Melalui logo inilah yang mewakili lini sebuah bisnis dan juga visi dan misi dari sebuah perusahaan. Setiap logo yang dibuat oleh perusahaan memang harus disesuaikan dengan lini bisnis dan juga layanan atau produk yang mereka tawarkan, oleh karena itu desain logo harus sesuai dengan tujuan perusahaan tersebut.
Kategori produk yang ditawarkan oleh perusahaan sangat beragam, bisa berupa makanan atau minuman, fashion, elektronik, gadget, dan masih banyak yang lainnya. Ada juga perusahaan yang menawarkan jasa yang masih berkembang sampai saat ni seperti jasa transportasi, keuangan, jasa desain, jasa pembuatan aplikasi dan masih banyak lainnya.
Fungsi dari sebuah logo adalah sebagai simbol pengingat suatu produk untuk konsumen. Dan penggunaan sebuah logo pada sebuah produk atau kemasan suatu produk sangat bisa membantu konsumen Anda dalam mengingat produk atau jasa Anda dengan cara yang lebih mudah.
Baca Juga: Pentingnya Desain Logo Toko Online
Beberapa perusahaan juga sudah menyadari jika pentingnya sebuah logo dalam kemasan yang ada di produk mereka adalah untuk membantu dalam kemudahan pemasaran yang dilakukan. Sehingga logo brand atau perusahaan bisa menjadi salah satu media promosi yang digunakan untuk mengenalkan brand perusahaan kepada calon konsumen.
Berikut cara membuat sebuah desain logo untuk branding perusahaan.
1. Buat Desain Logo yang Unik dan Beda dengan Kompetitor
Jangan sampai Anda membuat logo yang mirip dengan perusahaan besar. Hal ini tentu bisa menurunkan kredibilitas perusahaan dan bisa menandakan jika Anda adalah korban branding perusahaan yang menjadi kompetitor Anda. Sehingga Anda bisa dinilai karena menganggap logo perusahaan kompetitor merupakan yang paling baik dan Anda menjadi terinspirasi untuk menciptakan logo yang serupa. Sehingga Anda harus membuat logo yang unik dan berbeda tentunya dengan perusahaan kompetitor.
2. Buatlah Logo Yang Mempunyai Sifat Abadi
Dalam membuat sebuah logo perusahaan ada baiknya tidak mengikuti tren. Namun, jika Anda ingin mengikuti trend harus melakukan riset terlebih dahulu terhadap logo yang digunakan ketika waktu dulu dan sekarang. Oleh karena itu, Anda harus membuat sebuah logo yang bersifat abadi yang bisa dipakai kapanpun. Ataupun jika Anda ingin redesain logo yang Anda miliki, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal terkait redesain logo. Anda bisa baca di Alasan Penting Redesain Logo
3. Pastikan Membuat Logo yang Mudah Diingat
Mudah diingat tidak berarti bahwa logo Anda harus sederhana. Logo yang harus dibuat tentunya harus disesuaikan dengan visi dan misi perusahaan. Tetapi, Anda juga harus memastikan jika pesan dari logo yang Anda buat bisa tersampaikan dengan konsumen dan calon konsumen Anda. Untuk kemudian, Anda bisa mencetak kemasan produk dengan menggunakan logo tersebut. Sehingga akan terus diingat oleh konsumen dan calon konsumen Anda.
4. Sesuaikan logo dengan Media Untuk Mencetak Kemasan
Anda juga harus memperhatikan kategori bisnis yang Anda jalankan. Sehingga harus menyesuaikan logo dengan media kemasan yang digunakan dalam cetak kemasan nantinya. Pun Anda juga harus memperhatikan ukuran dan jenis kemasan . dan persiapkan logo dengan warna dan ukuran yang berbeda agar bisa digunakan dalam berbagai kemasan.
Manfaat pentingnya sebuah logo yang digunakan untuk branding perusahaan bisa Anda terapkan agar produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa diterima oleh konsumen dan calon konsumen Anda.
Sedangkan untuk mengimplementasikan logo untuk sebuah branding perusahaan bisa Anda terapkan dalam cetak kemasan produk yang nantinya akan Anda pasarkan.
Anda juga bisa melakukan desain kemasan atau desain logo di Jonve.id.
2 thoughts on “Desain Logo Untuk Branding Perusahaan”