Dalam membuka usaha atau bisnis baru, memang bukan satu hal yang mudah. Ada begitu banyak faktor yang bisa mempengaruhi seperti adanya perubahan teknologi dan juga persaingan pasar yang semakin lama semakin ketat. Untuk memenangkan pasar ini maka diperlukan kreativitas dan inovasi yang terus dikembangkan.
Mengamati keadaan pasar, mulai mengenali kompetitor sampai dengan menilai potensi pasar merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum memilih strategi mana yang nantinya akan digunakan.
Ada begitu banyak cara yang bisa digunakan dalam memilih dan juga menerapkan strategi agar bisa dianggap yang terbaik. Namun, dari semua strategi yang ada, terdapat hal yang penting dan sering dilupakan perusahaan. Yaitu pentingnya sebuah logo yang ada dalam kemasan. Banyak juga perusahaan atau pelaku bisnis yang tidak mempunyai logo untuk produk yang mereka tawarkan.
Baca juga: Peranan Penting Desain Logo Untuk Bisnis
Logo untuk perusahaan adalah sebagai simbol yang digunakan untuk pengingat sebuah produk dari konsumen. Sehingga dalam penggunaan logo pada sebuah produk atau kemasan produk nantinya akan bisa membantu konsumen dalam mengingat produk yang Anda tawarkan dengan lebih mudah.
Pada dunia otomotif atau elektronik misalnya, konsumen akan mengalami kesulitan dalam membedakan sebuah mobil satu dengan yang lain jika mobil tersebut tidak berikan logo yang digunakan sebagai pembeda.
Penggunaan logo pada sebuah produk atau kemasan produk meningkatkan gengsi dari pemakai atau konsumen. Hal ini bisa dilihat secara jelas pada bidang fashion. Contohnya, merek desainer terkenal Louis Vuitton yang menggunakan logo LV pada setiap produk dan juga kemasan, sehingga bisa menaikan gengsi dari pemakai.
Semua hal tersebut yang disebabkan karena kebiasaan manusia yang lebih mudah dalam mengingat sebuah gambar atau logo. Tidak jarang konsumen yang membeli produk bisa berdasarkan bentuk, simbol atau gambar yang tertera dalam kemasan produk walaupun mereka lupa bahkan tidak mengetahui nama brand nya. Oleh karena itu, logo sangat berpengaruh untuk branding suatu produk. Untuk mengetahui pentingnya logo untuk perusahaan atau suatu produk bisa baca di Desain Logo Untuk Branding Perusahaan.
Banyak pelaku industri kecil (UKM) yang menyatakan jika perusahaan yang mereka punya masih kecil sehingga mempunyai alasan untuk tidak mencantumkan logo pada kemasan produk yang mereka punya.
Perlu diketahui bahwa perusahaan besar memulai usaha mereka dari kecil, dan sudah menyadari jika pentingnya sebuah logo kemudian melakukannya secara konsisten melalui program marketing dan juga branding dengan cara mencantumkan logo pada kemasan produk.
Beberapa perusahaan yang sudah menyadari pentingnya logo dalam kemasan produk mempunyai tujuan agar bisa memudahkan pemasaran. Perusahaan tersebut menjadikan logo mereka sebagai salah satu bentuk media promosi agar bisa mengenalkan brand atau merek perusahaan kepada para konsumen dan calon konsumen. Salah satu yang bisa Anda lakukan sebelum membuat logo adalah usahakan untuk membuatnya berbeda dari pesaing Anda.
Oleh karena itu, jika Anda mempunyai keterbatasan dalam membuat sebuah desain logo perusahaan, Anda bisa langsung menghubungi Jonve.id, sebuah jasa desain yang akan membantu dalam membuat sebuah logo perusahaan baru atau yang akan mere-desain logo. Semua logo yang dibuat sangat fresh dan dijamin tidak ada yang bisa meniru hasil logo dari tangan ahli tim Jonve.id.