Logo adalah sebuah simbol yang bisa menggambarkan ciri khas pada sebuah produk sampai dengan citra dari sebuah perusahaan. Desain logo juga mempunyai peranan penting dalam branding. Logo yang baik bisa mempengaruhi calon konsumen dengan waktu yang sangat singkat. Contohnya, konsumen hanya perlu melihat logo tersebut secara langsung dan akan menghubungan dengan suatu produk tertentu.
Baca Juga: Desain Logo untuk Branding Perusahaan
Sampai saat ini, banyak calon pebisnis membuat logo dengan tidak mempunyai filosofi. Sehingga bisa diartikan bahwa hanya simbol saja. Namun, sebagai pebisnis yang cerdas, logo perusahaan haruslah mempunyai makna tersendiri agar bisa diingat oleh konsumen Anda. Sebenernya beberapa perusahaan mempunyai tujuan dalam membuat sebuah logo, antara lain:
1. Menarik Mata (Eye Catching)
Desain logo harus mempunyai edit value dan lebih dari sekedar menarik ketika dilihat. Artinya, simbol sebuah perusahaan secara alami memang harus bisa bersaingan dengan banyaknya gambar yang sudah terpampang pada brosur, poster, website dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja bertujuan agar masyarakat yang melihat logo menyadari jika Anda mempunyai sebuah symbol.
2. Bentuk (Marking)
Seorang desainer logo perusahaan akan melakukan penggambaran atau marking dengan menggunakan teori analog. Bentuk dari marking biasanya diambil dari sebuah objek yang berkaitan langsung dengan perusahaan atau produk yang akan dibuatkan desain untuk logonya.
3. Mengikuti Tren
Perkembangan desain logo memang sangat dipengaruhi oleh trend dan juga perkembangan zaman. Tidak hanya itu, logo juga dijadikan sebagai media branding yang mempunyai tujuan komunikasi dalam menunjukan identitas dari perusahaan yang Anda miliki.
Logo Adalah Simbol Untuk Sebuah Bisnis
Banyak sekali perusahaan baru dan berkembang yang tidak mempunyai desain logo. Tentunya beberapa kasus sudah memperlihatkan bahwa perusahaan yang mempunyai logo namun tidak mempunyai makna yang tertanam.
Padahal logo tersebut dapat membantu dalam hal pemasaran perusahaan. Padahal, setiap perusahaan atau badan usaha mempunyai visi dan visi yang bisa dituangkan kedalam sebuah logo.
Selain itu, logo ini juga berperan dalam marketing, branding sampai dengan corporate identity. Logo sebuah perusahaan memang diharuskan mampu menarik lebih banyak konsumen dibandingkan dengan bentuk logo yang dimiliki oleh kompetitor.
Simbol atau logo tersebut harus mampu ditempatkan ke dalam banyak media yang ada, ukuran sampai dengan latar belakang.
Ada beberapa hal yang harus dipikirkan ketika membuat sebuah desain logo perusahaan misalnya, seperti target pasar dan media yang digunakan. Hal tersebut nantinya yang akan membantu dalam menyampaikan pesan marketing maupun branding dari perusahaan.
Dunia memang selalu berubah dan trend juga akan selalu berpindah. Sehingga sangat diperlukan kecermatan dalam menanggapi perkembangan dengan seksama. Selanjutnya, sikap yang proporsional juga harus dilaksanakan apalagi dalam membuat sebuah keputusan untuk melakukan pergantian pada atribut perusahaan.
Namun, selama dilihat sebagai kegiatan yang positif, maka perusahaan Anda akan mempunyai value wawasan dan juga ide yang jauh lebih luas. Lambang perusahaan juga akan terlihat positif dan menarik.
Baca juga: Alasan Penting Harus Redesain Logo
Secara tidak langsung perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan akan dikenal karena keunikan. Jika hal itu bisa tercapai, maka identitas dari perusahaan atau bisnis Anda akan dikatakan sukses dan berhasil masuk dalam benak masyarakat. Membuat desain logo memang tidak mudah. Tetapi, menjadi mudah jika Anda membuatnya di Jonve.id, dengan tampilan desain menarik dan bisa sesuai dengan keinginan Anda, tentunya akan memberikan makna tersendiri untuk Anda.
1 thought on “Peranan Penting Desain Logo untuk Bisnis”